About my Blog

It's not a place where you can find a lot of list of cafe. It's a place where you can find a lot of recipe (hopefuly), and a library of many kind of usefull things related to food.. Hope you can enjoy your tour in this blog and also it can help you with 'foodthings'.

Senin, 01 November 2010

Macam-Macam Gula


Well,, sering banget pas bikin kue gue nemuin nama-nama gula yg bikin gue berteriak "Gula Macam Apa Ini?" dan pada akhirnya mendorong gue untuk bertanya pada Mbah Google. Cari cari cari akhirnya gue nemu di Arsip Blog NCC.. dan untuk lbh yakinnya gue cari satu-satu di goolge biar lbh yakin.. Daaaaaann.. jeng jeng jeng.. ini diaaaa Macam-Macam Gula:



Gula putih atau granulated sugar:
berasal dari tebu atau bit, gula ini yg sering dipakai sehari-hari











Gula kastor atau castor atau caster sugar:
gula yg butirannya halus sehingga lebih mudah larut, kalau tidak punya gula ini (biasanya merek Gulaku yg bungkus hijau) bisa buat sendiri dengan cara memblender gula putih.
Gula kristal:
ukuran setiap butir gula kristal bisa mencapai 4 kali ukuran butir gula putih biasa (jadi lebih besar dan kasar daripada gula putih biasa).





Brown sugar:
campuran antara gula putih dengan molase, makin gelap warna gula makin kuat rasa molase. Brown sugar bisa diganti dengan gula putih biasa dengan ukuran yg sama, atau campuran gula putih dengan gula palem/gula jawa dengan perbandingan 1:1, tetapi aromanya tidak akan sama.



Gula palem:
berasal dari nira palem, di toko dikenal juga dengan palm suiker




Gula icing:
gula yg sudah dihaluskan dan ditambah dengan bahan anti penggumpal. Biasanya digunakan untuk menghias. Karena sudah mengandung bahan anti gumpal, gula icing ini sebaiknya jangan digunakan untuk mengganti gula biasa atau gula kastor.




Gula Donat:
adalah gula icing yang sudah ditambahi perasa dingin atau mint. Rasanya dingin dan lumer di lidah, bentuknya seperti gula halus tetapi tidak menggumpal. Gula ini banyak digunakan untuk melapisi permukaan donat atau kue kering. Banyak dijual di TBK.


nah.. buat kalian yang baca resep US punya ini link yang bisa dijadiin kamus buat kalian. Arsip Blog NCC.


1 komentar:

Randal Oulton mengatakan...

You have been stealing pictures from other people's web sites, I see.

Posting Komentar