About my Blog

It's not a place where you can find a lot of list of cafe. It's a place where you can find a lot of recipe (hopefuly), and a library of many kind of usefull things related to food.. Hope you can enjoy your tour in this blog and also it can help you with 'foodthings'.

Senin, 01 November 2010

Macam-Macam Tepung


Sama seperti gula, tepung pun banyak macamnya, mulai dari tepung dengan kadar protein tinggi dan sebagainya.. ini dia beberapa jenis tepung yang saya ambil dari DAPUR NELY, Info lebih lanjutnya klik aj dapur nely yaaa..

1. TEPUNG TERIGU (WHEAT FLOUR)
Dibuat dari biji gandum-wheat yang dikupas dan dihaluskan. Dibedakan atas kandungan protein (gluten)nya. Gluten ini mempengaruhi hasil olahan, karena itu diperlukan jenis tepung terigu yang sesuai untuk makanan tertentu.

a. Tepung Terigu Berprotein Tinggi Kandungan proteinnya >12,5%. Banyak dipakai untuk jenis makanan yang dalam proses pembuatannya memakai ragi.Adonan yg dibuat akan membentuk kerangka untuk menyimpan gas. Karena daya serap yang tinggi terhadap cairan, glutennya akan mengembang dan membentuk adonan yang liat dan elastis. Contohnya, roti atau donat.Tepung jenis ini juga dipakai pada pembuatan mie (basah/kering), juga cocok untuk membuat dagingsintetis/tiruan untuk vegetarian.

Contoh: merk Cakra Kembar, Kereta Kencana, Cakra Kembar Emas (Bogasari) dan Tali Emas.Komachi adalah merk Japanese Wheat Flour, yang saat ini sedang trend karena banyak digunakan untuk membuat donat dan roti abon.

b. Tepung Terigu Berprotein Sedang (All Purpose)Tepung terigu serbaguna. Kandungan proteinnya antara 10-11% sehingga dapat digunakan untuk segala keperluan. Biasa digunakan untuk membuat aneka makanan, seperti kue pukis, pisang goreng,martabak manis, bakwan, bolu kukus, cake dll.Contoh: merk Segitiga Biru & Gunung Bromo (Bogasari), Beruang Biru

c. Tepung Terigu Berprotein Rendah Kandungan proteinnya sangat rendah, sekitar 8-9%. Karena tepung jenis ini menyerap sedikit air dan gula,maka penganan yang dibuat menjadi lebih renyah. Umumnya digunakan untuk membuat kue kering (cookies), pie dan cake.

daaaaaaaan masih banyak lainnya.. cek aj DAPUR NELY..

0 komentar:

Posting Komentar