About my Blog

It's not a place where you can find a lot of list of cafe. It's a place where you can find a lot of recipe (hopefuly), and a library of many kind of usefull things related to food.. Hope you can enjoy your tour in this blog and also it can help you with 'foodthings'.

Senin, 01 November 2010

"Oyatsu" Cemilan Sore Ala Jepang

source: yondaimul (www.gamexeon.com)
 
"Oyatsu" Camilan Sore Ala Jepang


Makanan khas Jepang, rasanya cukup familiar di Indonesia. Sebut saja shushi, sashimi, shabu-shabu, ataupun yakiniku. Tidak hanya sajiannya yang terlihat manis dipandang, makanan Jepang terkenal menyehatkan. Tidak salah jika makanan Jepang banyak digemari di berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia.

Makanan tersebut biasanya tersaji sebagai hidangan makan besar di malam ataupun siang hari. Pun terkenal sebagai hidangan mewah yang terhidang untuk meyambut tamu.
Sedangkan untuk acara santai di sore hari ataupun menemani acara minum teh, Jepang mengenal makanan khas dengan sebutan oyatsu. Arti dari oyatsu sendiri adalah cemilan. Jenis dan rasa cemilan ini terdapat berbagai macam, dengan bentuk yang terkadang unik.

Oyatsu merupakan cemilan yang dihidangkan di sore hari. Merupakan suatu tradisi kebiasaan masyarakat Jepang yang sampai saat ini masih dijalankan. Oyatsu sendiri berasal dari kata ‘yatsu’ yaitu empat. Dapat diartikan pula bahwa oyatsu adalah cemilan yang dihidangkan sekitar jam 4 atau kira-kira jam 3.

Jenis oyatsu yang dihidangkan biasanya berupa makanan kudapan khas Jepang seperti osenbe, taiyaki, takoyaki, kasutera ataupun kue mochi. Merupakan makanan ringan ‘pengganjal’ perut, sebelum dihidangkannya makan malam.

Beberapa Cemilan Sore “Oyatsu” Jepang

- Osenbe


Merupakan kudapan berupa kerupuk. Terdiri dari berbagai rasa dan bentuk. Biasanya dibuat dari tepung mochi yang dipadukan dengan cita rasa ikan.

- Taiyaki















Merupakan cemilan manis berbentuk ikan ***. Terbuat dari bahan dasar terigu yang didalamnya diisi kacang hijau-hitam ataupun custard manis. Pembuatannya menggunakan cetakan loyang pembakaran berbentuk ikan tersebut. Ikan *** menurut kepercayaan orang Jepang merupakan ikan pembawa keberuntungan.

- Takoyaki 

Tako dalam bahasa Indonesia adalah gurita. Sedangkan taki adalah bakar. Takoyaki adalah cemilan berbentuk bulat, dengan rasa gurih. Dibuat dari bahan dasar terigu yang dipanggang dalam cetakan bulat. Dalam bulatan takoyaki biasanya diisi dengan tako (gurita) dicampur dengan jenis ikan lainnya.








- Mochi

Tidak hanya kota Cianjur yang terkenal dengan mochinya, masyarakat Jepangpun sangat menggemari mochi. Jenis mochi Jepang terbagi dalam mochi rasa asin dan mochi rasa manis.
Mochi rasa asin, biasanya dihidangkan saat tahun baru ataupun hari-hari istimewa tertentu. Ada satu acara membuat mochi yang dilakukan beramai-ramai disebut mochitsuki. Biasanya acara ini berlangsung saat tahun baru, ketika keluarga berkumpul.
Mochi rasa manis, biasanya dihidangkan sebagai cemilan di sore hari. Rasanya yang mani cocok dihidangkan dengan teh Jepang yang rasanya sedikit pahit. Mochi Jepang biasanya berbentuk bulat yang dalamnya diisi dengan rebusan kacang hitam yang disebut anko.



0 komentar:

Posting Komentar